Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif Melalui Media Tiktok pada Remaja Karantaruna Desa Wajah Jaya
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.179Keywords:
public speaking, konten edukatif, TikTok, remaja karantarunaAbstract
Di era digital komunikasi mempunyai peran penting dalam berkomunikasi. Situasi remaja berperan aktif dalam hal public speaking dalam meningkatkan kemampuan dalam berbicara. Berbicara didepan umum dapat berkembang sehingga unutk berbicara dapat mengekspresikan ide dengan benar sehingga pendengar dapat memahami semua yang ingin dikatakan. Pendekatan tatap muka dan metode evaluasi digunakan dalam kegiatan ini. Penyaluran materi secara langsung adalah bagaimana metode tatap muka dilakukan. Pertemuan pertama dibagi menjadi dua sesi, masing-masing berlangsung selama dua jam. Para jamaah memberikan ice breaker berupa permainan-permainan yang menyenangkan pada sesi pertama untuk mencairkan suasana terlebih dahulu. Peserta workshop ini mendapatkan materi pelatihan dan alat tulis dari para penyembah. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Muhammadiyah Buton dilaksanakan dimulai tanggal 10, 11, dan 12 Maret 2022 yang berlangsung selama 3 pertemuan. Pada setiap pertemuannya dibagi menjadi 2 sesi. Peserta pelatihan berjumlah 45 orang, selurunya adalah anggota Remaja Karantaruna Desa Wajajaya.Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00, bertempat di Desa Wajajaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabuptaen Buton. Berdasarkan hasil kuisioner yang dikeluarkan, 86% anak remaja karataruna desa wajajaya memahami materi pelatihan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa menggunakan media pebajalaran sebagai alternatif meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum untuk konten pendidikan
References
Mufanti, R., Susilo, A., Gestanti, R. A., & Nimasari, E. P. (2018). Public Speaking Intensive Course For Students of Non-English Department (A Study in English Language Centre). Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 161–178. https://doi.org/10.26618/exposure.v7i2.1510
Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Abdi MOESTOPO, 03(01), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979
Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia
Rosida, S. (2021). Pelatihan Keterampilan Public Speaking Dalam Konten Edukatif Melalui Aplikasi Tiktok Pada Remaja Fam (Forum Anak Medan). 3(2), 234–244.
Stewart, F., & Stewart, F. (2011). Changing the Atmos ’ fear ’ in the Public Speaking Classroom. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 9–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nastia Nastia, Hastuti Hastuti, Harry Fajar Maulana, Rio Irwan Susanto, Aldin Aldin, La Ode Muhammad Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.