Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif Melalui Media Tiktok pada Remaja Karantaruna Desa Wajah Jaya

Authors

  • Nastia Nastia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hastuti Hastuti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Harry Fajar Maulana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rio Irwan Susanto Universitas Muhammadiyah Buton
  • Aldin Aldin Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Ode Muhammad Rasyid Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.179

Keywords:

public speaking, konten edukatif, TikTok, remaja karantaruna

Abstract

Di era digital komunikasi mempunyai peran penting dalam berkomunikasi. Situasi remaja berperan aktif dalam hal public speaking dalam meningkatkan kemampuan dalam berbicara. Berbicara didepan umum dapat berkembang sehingga unutk berbicara dapat mengekspresikan ide dengan benar sehingga pendengar dapat memahami semua yang ingin dikatakan. Pendekatan tatap muka dan metode evaluasi digunakan dalam kegiatan ini. Penyaluran materi secara langsung adalah bagaimana metode tatap muka dilakukan. Pertemuan pertama dibagi menjadi dua sesi, masing-masing berlangsung selama dua jam. Para jamaah memberikan ice breaker berupa permainan-permainan yang menyenangkan pada sesi pertama untuk mencairkan suasana terlebih dahulu. Peserta workshop ini mendapatkan materi pelatihan dan alat tulis dari para penyembah. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Muhammadiyah Buton dilaksanakan dimulai tanggal 10, 11, dan 12 Maret 2022 yang berlangsung selama 3 pertemuan. Pada setiap pertemuannya dibagi menjadi 2 sesi. Peserta pelatihan berjumlah 45 orang, selurunya adalah anggota Remaja Karantaruna Desa Wajajaya.Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00, bertempat di Desa Wajajaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabuptaen Buton. Berdasarkan hasil kuisioner yang dikeluarkan, 86% anak remaja karataruna desa wajajaya memahami materi pelatihan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa menggunakan media pebajalaran sebagai alternatif meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum untuk konten pendidikan

References

Mufanti, R., Susilo, A., Gestanti, R. A., & Nimasari, E. P. (2018). Public Speaking Intensive Course For Students of Non-English Department (A Study in English Language Centre). Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 161–178. https://doi.org/10.26618/exposure.v7i2.1510

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Abdi MOESTOPO, 03(01), 27–32. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia

Rosida, S. (2021). Pelatihan Keterampilan Public Speaking Dalam Konten Edukatif Melalui Aplikasi Tiktok Pada Remaja Fam (Forum Anak Medan). 3(2), 234–244.

Stewart, F., & Stewart, F. (2011). Changing the Atmos ’ fear ’ in the Public Speaking Classroom. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 9–13.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Nastia, N., Hastuti, H., Maulana, H. F., Susanto, R. I., Aldin, A., & Rasyid, L. O. M. (2023). Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif Melalui Media Tiktok pada Remaja Karantaruna Desa Wajah Jaya. Abdimas Singkerru, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.179

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)