Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Pengembangan Pemasaran UMKM Kota Baubau

Authors

  • Harry Fajar Maulana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hastuti Hastuti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Rizal Ardiasyah Putra Universitas Muhammadiyah Buton
  • Waode Sitti Cahyani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Supriyanto Ruma Rubun Universitas Muhammadiyah Buton
  • Vicky Arwana Putra Ato Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.181

Keywords:

media sosial, pemasaran, UMKM

Abstract

Media sosial telah terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan strategi pemasaran bisnis. Platform media sosial saat ini mencakup situs-situs seperti YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp Business, dan lainnya. Aplikasi media sosial memiliki potensi tersendiri dan dapat menguntungkan bila digunakan untuk pemasaran. Metode pelaksanaan pelatihan UMKM sebagai mana dilakukan pertama yaitu mengumpulkan informasi unutk mengetahui kondisi lokasi dan kebutuhan riil. Selanjutnya tim pengbadian melakukan dalam dua tahap, pertama melakukan edukasi, tujuannya memberikan pengatahuan tentang pentingnya menerapkan strategi pemasaran digital. Kedua, melakukan pengembangan model pemasaran. Model pemasaran ini sudah didesain oleh tim pengabdian sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pelaku UMKM strategi pengembangan ini mengacu pada strategi pemasaran digital.

References

Astuti, M., & Nurdin, R. (2022). Pendampingan digital marketing untuk pengembangan desa wisata menggunakan media sosial di dusun Turunan Girisuko Panggang Gunungkidul. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1041

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada UMKM Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (n.d.). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. 4(1), 41–48.

We Are Social & Hootsuite. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Maulana, H. F., Hastuti, H., Putra, M. R. A., Cahyani, W. S., Rubun, S. R., & Ato, V. A. P. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Pengembangan Pemasaran UMKM Kota Baubau. Abdimas Singkerru, 3(1), 27-34. https://doi.org/10.59563/singkerru.v2i2.181

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)