Skematik Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang pada Rangkaian Elektronika Analog

Main Article Content

Risal Mantofani Arpin
Muhammad Rahmadi
Fardi M. Siregar

Abstract

Rangkaian penyearah setengah gelombang adalah penyearah yang menggunakan sebuah dioda. Arus bolak-balik yang membentuk gelombang sinusoidal yang dapat mengalir pada dioda hanya pulsa positif saja, sedangkan pulsa negatif tidak dapat dialirkan. Hal ini disebabkan karena dioda hanya mengalirkan arus forward, yaitu apabila anoda lebih positif daripada Katoda. Pada saat titik A positif, arus mengalir dari anoda ke katoda. Begitupun sebaliknya, pada saat titik A negatif dan titk B jadi positif, maka dioda tidak mengantar (mengalirkan arus). Dengan demikian pada setengah siklus gelombang yang mengalir kemudian adalah negatif. Sehingga bentuk gelombang yang keluar dari rangkaian adalah gelombang yang hanya berdenyut setengah gelombang saja. Gelombang tersebut diperoleh dari pengukuran tegangan dan gelombang pada input an output rangkaian.

Article Details

How to Cite
[1]
R. M. Arpin, M. Rahmadi, and F. M. Siregar, “Skematik Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang pada Rangkaian Elektronika Analog”, djtech, vol. 1, no. 1, pp. 22-24, Feb. 2021.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 1 No 1

References

Surjono, H.D., Elektronika: Teori dan Penerapan, Penerbit Ceras Kreatif Ulet, 27-28, 2011.

Zain, R.H., Yatra, A.R., Aplikasi Pagar Elektrik Pada Keamanan Fasilitas Lembaga Permasyarakatan Dilengkapi Alarm Deteksi Pemutusan Arus Listrik dan Sensor Menggunakan Jaringan Koputer, Jurnal Momentum, 13(2), 81-97, 2012.

Saptadi, A.H., Arifin. J., Nugraha, W.D., Perancangan dan Pembuatan Charger Handphone Portable Menggunakan Sistem Penggerak Generator AC dengan Penyearah, Jurnal Infotel, 2(2), 2010.

Thamin, A.F., Allo, E.K., Mamahit. D.J., Rancang Bangun Alat Pemotong Singkong Otomatis, E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 29-36, 2015

Most read articles by the same author(s)