Pengenalan Peralatan Konstruksi Melalui Visitasi Lapangan pada Proyek Pembangunan Perpustakaan: Kegiatan Edukatif Pengabdian kepada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v5i2.274Keywords:
visitasi lapangan, peralatan konstruksi, alat beratAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam bidang teknik konstruksi melalui pengenalan langsung terhadap peralatan konstruksi di lokasi proyek pembangunan perpustakaan. Mahasiswa diajak untuk mengobservasi, berdiskusi, dan memahami fungsi serta operasional alat berat yang digunakan dalam proses konstruksi. Metode pelaksanaan dilakukan melalui kunjungan terstruktur dan didampingi oleh dosen pembimbing. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap aspek teknis pelaksanaan proyek, serta meningkatkan minat mereka terhadap praktik kerja lapangan. Kegiatan ini relevan sebagai bagian dari penguatan kompetensi mahasiswa program studi Arsitektur melalui metode experiential learning.
References
Mahyuddin, R., Putra, S., & Nurfadhillah, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Teknik melalui Kunjungan Lapangan. Jurnal Pengabdian Teknik, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jpt.v4i1.1234
Rahman, F., Idris, M., & Yusuf, H. (2022). Model Experiential Learning untuk Pendidikan Teknik. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(2), 212–221. https://doi.org/10.5678/jpv.v12i2.5678
Suryadi, A., & Putra, R. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa melalui Pembelajaran Lapangan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(3), 134–140. https://doi.org/10.8910/jipm.v5i3.8910
Wulandari, L., Hasan, A., & Malik, F. (2023). Efektivitas Pembelajaran Lapangan pada Mahasiswa Teknik Sipil. Jurnal Ilmu Pendidikan Teknik, 8(1), 55–62. https://doi.org/10.8765/jipt.v8i1.8765
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Risnawati Ramli, St. Khaeratul Mukarramah, Hasrydha, Munzir F. Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.




