Pelatihan Pembuatan Analisis Statistik Untuk Peramalan Permintaan Pasar Guna Pemasaran Produk Dengan R

Authors

  • Joko Riyono Universitas Trisakti
  • Christina Eni Pujiastuti Universitas Trisakti
  • Syaifudin Syaifudin Universitas Trisakti
  • Sofia Debi Puspa Universitas Trisakti

Keywords:

analisis statistik, peramalan, pemasaran produk, open source software, software R

Abstract

Pemakaian analisis statistika yang tepat akan memberikan kemudahan di dalam melakukan penarikan kesimpulan terutama di dalam melakukan pendugaan atau peramalan tentang terjadinya suatu peristiwa atau trend yang akan berlaku di masa yang akan datang. Peramalan ini sangat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan khususnya di dunia kerja. Salah satu manfaat tersebut diantaranya sesuai dengan judul progam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kami ambil, yaitu dalam pembuatan analisis statistik untuk peramalan permintaan pasar guna strategi pemasaran produk. Sebagai akibat penyebaran penyakit Covid 19 dimana banyak terjadi pemutusan hubungan kerja yang dialami oleh sebagian karyawan swasta, terutama para pemuda khususnya yang bertempat tinggal di sekitar RW IX Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Bekasi maka kepada mereka diberikan bekal pengenalan dan pemberian pemahaman analisis statistika dengan memanfaatkan open source software yaitu Software R agar pengetahuan mereka tentang analisis statistika terutama di peramalan permintaan pasar guna perancangan produk yang berorientasi pasar dapat bertambah terutama bagi yang berkeinginan berwiraswasta. Pada pelaksanaannya kegiatan PKM ini diikuti mitra sebanyak 21 peserta dengan 4 dosen dan 1 mahasiswa sebagai instruktur serta 1 staf tenaga kependidikan sebagai admin, serta karena masih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai akibat Covid 19 maka pelaksanaannya dilakukan secara daring. Pelatihan diprogam ini, materi disampaikan dengan metode diskusi, tanya jawab disertai studi kasus serta bagaimana cara menyelesaikannya menggunakan software R. Berdasarkan hasil Pre Tes sebesar 3,429 dan hasil post Tes 10,571 dapat disimpulkan bahwasannya pelatihan ini memberikan kenaikan pengetahuan mitra tentang peramalan dengan R. Melihat hasil kuesioner mitra, didapat Indek nilai sebesar 95 % yang menyatakan bahwa mitra sangat setuju terhadap pernyataan bahwa isi materi bermanfaat dan instruktur pelatihan menguasai materi yang disampaikan.

Kata Kunci: Analisis statistik, Peramalan,Pemasaran Produk, Open source software, Software R.

References

Arif Naufan saputra, 2015, Cara Menghitung Kuesioner Skala Likert.( http://naufansapoetra.blogspot.com/2015/11/cara-menghitung-kuesioner-skala-likert.html,di akses 16/02/2021).

Joko Riyono,Christina Eni.P, 2020. Evaluasi pelatihan pembuatan forecasting Untuk Perancangan produk Berorientasi Pasar Dengan Minitab Kepada Karang taruna Di Bekasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masysrakat Kumawula UNPAD, Vol.3. N0.2, Agustus 2020, Hal 348-357.

Royani, I., Mirawati, B., dan Jannah, H, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 6(2) 46-55.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Riyono, J., Pujiastuti, C. E., Syaifudin, S., & Puspa, S. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Analisis Statistik Untuk Peramalan Permintaan Pasar Guna Pemasaran Produk Dengan R . Abdimas Singkerru, 1(1), 16-23. Retrieved from https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/27

Issue

Section

Artikel