Pembuatan Konten Secara Continue dan Konsisten Dalam Meningkatkan PPDB SMK Pariwisata Telkom Bandung
DOI:
https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i1.172Keywords:
konten digital marketing, media sosial, PPDBAbstract
Dalam sebuah lembaga pendidikan, keberhasilan dalam mendapatkan calon siswa baru sebagai stakeholder merupakan salah satu target yang menjadi fokus tim pemasaran yang biasa disebut dengan tim penerimaan siswa baru. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh institusi pendidikan baik dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP sampai SMA/SMK guna mendapatkan calon siswa yang menjadi target pencapaian institusi pendidikan tersebut, begitupula dengan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Telkom School Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu SMK Pariwisata Telkom Bandung, yang mana aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh Tim PPDB menjadi salah satu kegiatan utama yang dilakukan. Pandemi membuat seluruh aktifitas kegiatan PPDB menjadi cukup terbatas sehingga terjadinya pergerakan dari aktifitas pemasaran PPDB yang biasanya dilakukan secara offline (tatap muka) harus dikombinasi menjadi kegiatan pemasaran PPDB secara daring (online) guna tetap tercapainya target yang sudah ditentukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka diperlukan aktifitas pemasaran yang dilakukan secara daring (Digital Marketing) yang mana tim PPDB perlu terus mengupdate dan mengupgrade keilmuan di bidang Digital Marketing. Seiring dengan hal tersebut, tim Dosen Universitas Telkom yang memiliki keahlian pada konteks Digital Marketing bersinergi untuk berbagi ilmu untuk Pendampingan konteks Digital Marketing bagi PPDB Telkom School yang mana tim dosen ini terdiri dari beragam dosen dari Fakultas Komunikasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Industri Terapan yang nantinya terbagi pada 10 (sepuluh) sub topik materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari mitra abdimas yaitu SMK Pariwisata Telkom Bandung.
References
APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei
Blanchard, O. (2011). Social Media ROI Managing and Measuring Social Media Efforts in Your Organization. Que Publishing.
Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi. Prenadamedia Group.
Pratama, I. P. A. E. (2020). Social Media dan Social Network Memahami dan Menguasai Penerapan Social Media dan Social Network dalam Berbagai Aspek: Bisnis, Teknologi, Etika, dan Privasi. Penerbit INFORMATIKA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anisa Diniati, Martha Tri Lestari, Sri Dewi Setiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.