Pembuatan Konten Secara Continue dan Konsisten Dalam Meningkatkan PPDB SMK Pariwisata Telkom Bandung

Authors

  • Anisa Diniati Universitas Telkom
  • Martha Tri Lestari Universitas Telkom
  • Sri Dewi Setiawati Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i1.172

Keywords:

konten digital marketing, media sosial, PPDB

Abstract

Dalam sebuah lembaga pendidikan, keberhasilan dalam mendapatkan calon siswa baru sebagai stakeholder merupakan salah satu target yang menjadi fokus tim pemasaran yang biasa disebut dengan tim penerimaan siswa baru. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh institusi pendidikan baik dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP sampai SMA/SMK guna mendapatkan calon siswa yang menjadi target pencapaian institusi pendidikan tersebut, begitupula dengan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Telkom School Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu SMK Pariwisata Telkom Bandung, yang mana aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh Tim PPDB menjadi salah satu kegiatan utama yang dilakukan. Pandemi membuat seluruh aktifitas kegiatan PPDB menjadi cukup terbatas sehingga terjadinya pergerakan dari aktifitas pemasaran PPDB yang biasanya dilakukan secara offline (tatap muka) harus dikombinasi menjadi kegiatan pemasaran PPDB secara daring (online) guna tetap tercapainya target yang sudah ditentukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka diperlukan aktifitas pemasaran yang dilakukan secara daring (Digital Marketing) yang mana tim PPDB perlu terus mengupdate dan mengupgrade keilmuan di bidang Digital Marketing. Seiring dengan hal tersebut, tim Dosen Universitas Telkom yang memiliki keahlian pada konteks Digital Marketing bersinergi untuk berbagi ilmu untuk Pendampingan konteks Digital Marketing bagi PPDB Telkom School yang mana tim dosen ini terdiri dari beragam dosen dari Fakultas Komunikasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Industri Terapan yang nantinya terbagi pada 10 (sepuluh) sub topik materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari mitra abdimas yaitu SMK Pariwisata Telkom Bandung.

References

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Blanchard, O. (2011). Social Media ROI Managing and Measuring Social Media Efforts in Your Organization. Que Publishing.

Nasrullah, R. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi. Prenadamedia Group.

Pratama, I. P. A. E. (2020). Social Media dan Social Network Memahami dan Menguasai Penerapan Social Media dan Social Network dalam Berbagai Aspek: Bisnis, Teknologi, Etika, dan Privasi. Penerbit INFORMATIKA

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Diniati, A., Lestari, M. T., & Setiawati, S. D. (2023). Pembuatan Konten Secara Continue dan Konsisten Dalam Meningkatkan PPDB SMK Pariwisata Telkom Bandung. Abdimas Singkerru, 3(1), 1-5. https://doi.org/10.59563/singkerru.v3i1.172

Issue

Section

Artikel