Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asera Tirta Posidonia Kota Palopo

Authors

  • Fika Pramulya Universitas Andi Djemma Palopo

Keywords:

budaya organisasi, kinerja karyawan, analisis linier regresi sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Asera Tirta Posidonia Palopo. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif yaitu dengan penyebaran kuesioner pada karyawan dan selanjutnya dianalisis dengan metode analisis linier regresi sederhana. Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dengan perolehan nilai thitung = 9,639 > t table = 2,034 dengan tingkat signifikan 0,000, dimana tingkat signifikannya lebih rendah dari 0,05. Hal ini berarti budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Asera Tirta Posidonia Kota Palopo. Indikator budaya organisasi yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu kerjasama, penampilan karyawan dan hubungan antara karyawan dalam proses perusahaan. Hasil penelitian ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pimpinan perusahaan dengan menerapkan budaya organisasi yang tepat dalam meningkatkan kinerja karyawan, khusus PT. Asera Tirta Posidonia Palopo.

References

Afrinaldo, R. (2011). Pengaruh komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Insi mmsi Pemerintah Daerah, (Skripsi). Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Ariwobowo. (2010) Peran Budaya Organisasi Studi Ekplorasi pada PT Simoplas (Simongan Plastic Factory Semarang). (Skripsi). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Artadi. (2015). Pengaruh kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. (Skripsi). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta.

Helmi. (2016). Kepuasan kerja karyawan artikel ianuari 2014 Kepemimpinan dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Organisasi. (Skripsi). Padang: Fakultas Ekonomi Universtas Negeri Padang.

Kurniawanan, M. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Publik (Studi Empiris pada SKPD Pemerintah Kabupaten Kerinci). Jurnal Akuntansi, 1(3), 1-26.

Mandala. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7(2), 171-188.

Mustafid. (2017). Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada persero terbatas lembaga kajian islam dan sosial (PT. LKIS) Pelangi Aksara Yogyakarta. (Skripsi). Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nur. (2011). Pengaruh Komitmen Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Organisasi Publik. (Skripsi). Demak: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Prabu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusi Perusahaan. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Soedjono. S. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 22-47.

Susanto. (2009). Analisis pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada Kinerja karyawan (Studi pada karyawan produksi PT Sango Ceramic Indonesia. (Tesis). Universitas Diponegoro Semarang.

Sutanto, A. (2002). Peran Budaya Organisasional Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Benefit, 6(2), 120-130.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Pramulya, F. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Asera Tirta Posidonia Kota Palopo. Dewantara Journal of Vocational Education, 1(1), 44-52. Retrieved from https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/djve/article/view/238