Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Minat Beli Konsumen Ms. Glow Dee Kota Palopo
Keywords:
celebrity endorse, harga, minat beli, analisis regresi linear bergandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kesignifikansi celebrity endorse dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk MS. Glow Dee Kota Palopo. Data dikumpulkan melalui kegiatan pengamatan langsung (observasi), wawancara (interview) dan penyebaran kuesioner. Hasil data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa konsumen sebagai sampel dalam penelitian setuju bahwa celebrity endorse dan harga sangat berpengaruh terhadap minat beli produk MS. Glow. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai f hitung (19,517) > f table (2,310) dengan taraf signifikan 0,005, yang berarti bahwa celebrity endorse dan harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Namun hasil uji t untuk variabel celebrity endorse (X1) memiliki nilai t hitung 5,723 > t tabel dengan taraf signifikan 0,000 yang menunjukkan bahwa celebrity endorse berpengaruh signifikan dibandingkan variabel harga (X2) dengan nilai hitung = 0,476 < t tabel dengan taraf signifikansi 0,635 yang menunjukkan harga tidak berpengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen produk MS. Glow. Hal ini dapat menjadi bahan informasi dan masukan dalam menggunakan strategi pemasaran celebrity endorse dalam meningkatkan minat beli konsumen, dibandingkan menurunkan harga sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari penjualan suatu produk, khususnya bagi produk MS. Glow Kota Palopo.
References
Abdurrachaman, N. H. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung:CV Pustaka Setia.
Basyar, K., Sanaji, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap niat Beli Ulang Secara Online Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. BISMA – Bisnis dan Manajemen, 8(2), 204-217.
Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleholeh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1-9.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. Jurnal AGORA, 5(1), 1-7.
Hapsari, A. P. (2010). Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorse dan Typical Person Endorse Iklan Televisi dan Hubungannya dengan Brand Image Produk. Junarl Bisnis dan Manajemen, 9(1).
Hasan, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Kualitas Merek Dan Kualitas Produk Dah Harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Jurnal Indovisi - Indonesian Indovisi Institute, 1(3), 83-104.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muharam, W., Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Proceeding SENDI_U, 755-762.
Nitisusastro, M. (2021). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
Pramono. (2019). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.
Yuswari, N. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Lazeta Skin Care di Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 109-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dicky Setiawan, Janiati Janiati, Lista Sikala, Nurjannah Nurjannah, Muh. Anugrah Ardhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.