Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Minat Beli Konsumen Ms. Glow Dee Kota Palopo

Authors

  • Dicky Setiawan Universitas Andi Djemma Palopo
  • Janiati Janiati Universitas Andi Djemma Palopo
  • Lista Sikala Universitas Andi Djemma Palopo
  • Nurjannah Nurjannah
  • Muh. Anugrah Ardhana Universitas Andi Djemma Palopo

Keywords:

celebrity endorse, harga, minat beli, analisis regresi linear berganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kesignifikansi celebrity endorse dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk MS. Glow Dee Kota Palopo. Data dikumpulkan melalui kegiatan pengamatan langsung (observasi), wawancara (interview) dan penyebaran kuesioner. Hasil data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa konsumen sebagai sampel dalam penelitian setuju bahwa celebrity endorse dan harga sangat berpengaruh terhadap minat beli produk MS. Glow. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai f hitung (19,517) > f table (2,310) dengan taraf signifikan 0,005, yang berarti bahwa celebrity endorse dan harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Namun hasil uji t untuk variabel celebrity endorse (X1) memiliki nilai t hitung 5,723 > t tabel dengan taraf signifikan 0,000 yang menunjukkan bahwa celebrity endorse berpengaruh signifikan dibandingkan variabel harga (X2) dengan nilai hitung = 0,476 < t tabel dengan taraf signifikansi 0,635 yang menunjukkan harga tidak berpengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen produk MS. Glow. Hal ini dapat menjadi bahan informasi dan masukan dalam menggunakan strategi pemasaran celebrity endorse dalam meningkatkan minat beli konsumen, dibandingkan menurunkan harga sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari penjualan suatu produk, khususnya bagi produk MS. Glow Kota Palopo.

References

Abdurrachaman, N. H. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung:CV Pustaka Setia.

Basyar, K., Sanaji, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap niat Beli Ulang Secara Online Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. BISMA – Bisnis dan Manajemen, 8(2), 204-217.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleholeh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1-9.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. Jurnal AGORA, 5(1), 1-7.

Hapsari, A. P. (2010). Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorse dan Typical Person Endorse Iklan Televisi dan Hubungannya dengan Brand Image Produk. Junarl Bisnis dan Manajemen, 9(1).

Hasan, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Kualitas Merek Dan Kualitas Produk Dah Harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Jurnal Indovisi - Indonesian Indovisi Institute, 1(3), 83-104.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muharam, W., Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Proceeding SENDI_U, 755-762.

Nitisusastro, M. (2021). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Pramono. (2019). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Yuswari, N. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Lazeta Skin Care di Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 109-116.

Published

2024-01-06

How to Cite

Setiawan, D., Janiati, J., Sikala, L., Nurjannah, N., & Ardhana, M. A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Minat Beli Konsumen Ms. Glow Dee Kota Palopo. Dewantara Journal of Vocational Education, 1(1), 32-43. Retrieved from https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/djve/article/view/237