Analisis Poisson Bracket dan Persamaan Hamilton-Jacobi pada Hukum Mekanika Klasik melalui Penerapan Transformasi Kanonik

Main Article Content

Siti Fatimah
Megastin M Lumembang

Abstract

Transformasi kanonik merupakan kesimetrian bentuk kanonis suatu objek fisik setelah dan sebelum dilakukan perubahan (transformasi). Besaran fisis yang digunakan dalam rumusan Hamilton yaitu jarak dan momentum. Dalam transformasi kanonik, terdapat empat fungsi pembangkit yang akan diaplikasikan dalam Poisson Bracket dan persamaan Hamilton-Jacobi yang nantinya akan menghasilkan transformasi kontak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan transformasi kanonik pada Poisson Bracket dan persamaan Hamilton-Jacobi tidak mengubah arti perubah lama menjadi perubah baru. Perubah yang berkonjugasi secara kanonis pada penerapan transformasi kanonik dihubungkan dengan menggunakan Poisson Bracket sehingga kordinat lama dalam Hamilton juga disebut sebagai perubah berpasangan secara konjugat kanonis. Penggunaan fungsi pembangkit pada persamaan Hamilton tetap mengacu pada kordinat lama dan kordinat baru serta waktu sehingga aksi yang terjadi dinyatakan secara eksplisit terhadap fungsi waktu dan kordinat dengan meninjau lintasan awal saat t1 pada posisi q­1. Penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penyederhaan solusi umum persamaan Hamilton-Jacobi melalui transformasi kanonik pada hukum mekanika klasik.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Fatimah and M. M. Lumembang, “Analisis Poisson Bracket dan Persamaan Hamilton-Jacobi pada Hukum Mekanika Klasik melalui Penerapan Transformasi Kanonik”, djtech, vol. 2, no. 1, pp. 06-13, May 2021.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 2 No 1

References

Eqab M. R., Tareq S. A., On Hamiltonian Formulation of Non-Conservative System, Turk. J. Phy. 28, 213-221, 2004.

Haider, A. B., Timi, F. H., Eliyas, K., Ashikur, R., Representation of Hamiltonian Formalism in Dissipative Mechanical System, App. Math. Sci., 4(19), 931-942, 2010.

Smith, C.E., Lagrangians and Hamiltonians with Friction, J. Phy. IOP Pub., 237, 1-6, 2010.

Bibik, Y. V., Application of Satatistical Mechanics to the Analysis of Lotka-Voltera System with Four Additonal Factors, App. Math. Sci., 7(112), 5577-5590, 2013.

Eti, N., Classical and Quantum Euler Equation: A Thesis Submitted to the Graduate School of Engineering and Sciences of Izmir Institute of Technology in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Master of Sciences in Mathematics, Izmir, 2007.

Petalidou, P., Damianou, A., Fani, On the Liouville Integrability of Lotka-Voltera Systems, Front. Phy., 2(50), 1-10, 2014.

Murthy, M.V.N. Classical Dynamics: Introduction. Chennai: Chennai Mathematical Institute, 2005.

Hairer, E., Hamiltonian Systems: In Geometric Numerical Integration, Lubich & Wanner Hairer, Munchen: Springer Verlag, 2010.