Pengaruh Pemajuan Saat Penginjeksian Terhadap Ketebalan Asap Mesin Diesel
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemajuan saat penginjeksian terhadap ketebalan asap mesin diesel. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan menggunakan Penelitian Pre-Experimental Design dengan model one-shot case study desain.Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, bertempat di Laboratorium Politeknik Dewantara. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pemajuan saat penginjeksian pada mesin diesel sedangkan variabel terikatnya adalah ketebalan asap dan variabel kontrolnya adalah tekanan injeksi, suhu, dan putaran mesin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengujian, dengan memvariasikan penyemrotan bahan bakar yaitu dengan pemajuan saat penginjeksian 11o , 15o dan, 20o sebelum titik mati atas. dan diuji pada putaran sesuai dengan putaran pada alat yaitu, 1.500 RPM, 2.000 RPM, dan 2.500 RPM. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan output dari IBM SPSS statistic 20 bahwa pemajuan saat penginjeksin terhadap ketebalan asap mesin diesel memiliki pengaruh yang signifikan, karena nilai signifikasi ≤ 0,05 yaitu 0,005.
Article Details
References
Wakhinuddin, S. 2009. Motor Diesel. Padang: UNP Press.
Mrjoni, D. 2014. Pengaruh Pemajuan Saat Penginjeksian Terhadap Ketebalan Asap Mesin Diesel. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Hendra Kurniawanto. 2017. Pengaruh Perubahan Timing Injeksi Terhadap Emisi Gas Buang Pada Engine Toyota Hiace. Skripsi. Samarinda. Politeknik Negeri Semarang. (http://www,ejournal.Sttman dalabdg. ac.id./index.php/JIT/article/ view/89. Diakses 11 Juli 2019)