Pemanfaatan Kain Flanel Sebagai Alat Pembelajaran Edukatif Busy Book Di TK TA 03 Jerukwangi

Authors

  • Kukuh Dwi Wijanarko Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Eko Darmawanto Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sinta Permatasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nur Maila Assaadah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Fitri Amelia Nurjanah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

busy book, alat pembelajaran edukatif, anak usia dini

Abstract

Busy Book merupakan media pembelajaran anak usia dini yang terbuat dari bahan flanel, yang dibentuk sesuai pola yang diinginkan dengan warna-warna yang cerah. Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Busy Book dilakukan di TK TA 03 Jerukwangi dukuh Seminding desa Jerukwangi RT 01 RW 10. Alasan dilakukan pembuatan Busy Book karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih belum sesuai dengan karakteristik pendidikan anak usia dini karena terbatasnya SDM guru, dari fasilitas permainan anak dan kurangnya media pembelajaran yang menarik antusias anak, sampai saat ini pembelajaran yang masih berpusat dari majalah. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah: pertama, Pemberian pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya media dan penerapannya dalam proses belajar mengajar. Pemberian wawasan tentang media pembelajaran yang sesuai. Pemberian materi disampaikan oleh dosen pengampu media pembelajaran. Kedua, pengenalan Busy Book sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas, dan yang terakhir pelatihan pembuatan Busy Book beserta penentuan langkah-langkah pembelajaran dalam kelas yang dilakukan oleh seluruh tim pengabdi dan guru-guru. Hasil dari pengabdian ini merujuk pada indikator keberhasilan kegiatan yaitu peserta paham dan mengerti apa itu media pembelajaran, pentingnya media pembelajaran apa itu Busy Book serta apa manfaatnya sebagi media pembelajaran, peserta mampu membuat Busy Book, dan peserta mampu menjelaskan langkah penggunaan Busy Book yang telah dibuatnya.

References

Amaris, D. U., Rakimahwati, &Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Aml 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8-17.

Hidayanti, Maria. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195-200.

Mufarizuddin, M. (20170. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bankinang Kota. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dinidi PAUD Swadaya PKK. Metamorfosa Journal, 5(2), 149.

Nuraeni, N. (2014). Strategi pembelajaran untuk anak usia dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143.

Yulianto, T. (2018). Efektifitas media pembelajaran busy book terhadap kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas x di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(7), 749.

Romadhona, Widhyas Asyifa, dkk. 2017. Mengurangi Perilaku Maladaptif Melalui Pembelajaran Berbantuan Media My Busy Book Pada Anak Autisme. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 92.

Sujiono, Yuliani Nurani, & Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks. 7

Downloads

Published

2021-05-17

How to Cite

Wijanarko, K. D., Darmawanto, E., Permatasari, S., Assaadah, N. M., & Nurjanah, F. A. (2021). Pemanfaatan Kain Flanel Sebagai Alat Pembelajaran Edukatif Busy Book Di TK TA 03 Jerukwangi. Abdimas Singkerru, 1(2), 148-155. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/74

Issue

Section

Artikel