Pendidikan Sekolah Alam di Desa Berbura

Authors

  • Silvina Fariyani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sella Sella Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Faizal Faizal Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Abdul Hakim Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Zulfian Zulfian Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Suryati Suryati Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Diana Premesti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Keywords:

sekolah alam, pembelajaran, perbukitan

Abstract

Sekolah alam merupakan sistem pendidikan yang memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran dengan metode belajar aktif. Dengan metode pembelajarannya yang unik, sekolah alam dapat menarik minat para siswa, sehingga dapat membantu Pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi . Desa Berbura masuk dalam wilayah Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka terletak di daerah perbukitan maras yang banyak memiliki bukit dan perkebunan. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya mendesain sebuah sekolah alam dalam rangka membantu pihak sekolah untuk meningkatkan minat belajar di Desa Berbura serta untuk memaksimalkan potensi alam yang tersedia di Desa Berbura itu sendiri dengan memanfaatkan letak geografi yang ada di Desa Berbura sebagai bahan dalam melaksanakan sekolah alam. Metodologi yang digunakan dalam mengajar adalah metode demontrasi dimana guru mengajar secara langsung dalam proses pembelajaran. Pemilihan materi yang mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar berumur 6-12 tahun. Selain itu, pemilihan objek geografi dapat memberikan kesan dan menjadi sarana edukasi bagi para siswa sekolah alam maupun masyarakat mengenai potensi di daerah perbukitan, yaitu salah satunya berkebun dan bertani.

References

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Firrayani, A. N., & Sulistijowati, M. (2014). Perancangan Sekolah Alam di Kecamatan Kenjeran. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1).

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Downloads

Published

2021-05-17

How to Cite

Fariyani, S., Sella, S., Faizal, F., Hakim, A., Zulfian, Z., Suryati, S., & Premesti, D. (2021). Pendidikan Sekolah Alam di Desa Berbura. Abdimas Singkerru, 1(2), 92-96. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/49

Issue

Section

Artikel