Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul

Authors

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Halim Purnomo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Media Sosial

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang, dan penggunanya merasakan manfaat menggunakan teknologi elektronik digital. Salah satunya meliputi kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menjalankan usaha, khususnya di era pandemi COVID-19. Penggunaan media sosial saat era pandemi sangat dibutuhkan oleh pemilik UMKM untuk menungkatkan usahanya. Penggunaan digital marketing sendiri, sangat berpengaruh bagi pemilik UMKM dimulai interaksi dengan konsumen melaui jejaring sosial maupun untuk mempromosikan barang dagangan tersebut. Secara keseluruhan, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep penjualan digital marketing bagi peserta UMKM di Desa Panggungharjo. Konsep tentang digital marketing ini, sangat bagus untuk pemilik UMKM baik tentang mendapatkan informasi, berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta meningkatkan produk penjualan.

References

Paul, I., & Ganguly, S. (2014). Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. Ind. J. Sci. Res. and Tech, 2(2). http://www.indjsrt.com

Soleha, A. R. (2020). Kondisi UMKM Masa Pandemi Covid-19 Pada Pertumbuhan Ekonomi Krisis Serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Ekombis, 6(2), 165–178.

Sumarni, nuslih jamiat & teti. (2019). pemanfaatan digital marketing pada pengrajin tahu bungkeng kabupaten sumedang. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 67–88.

Wardhana, A. (2015). STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA. Forum Keuangan Dan Bisnis, 327–337.

We are Social. (2020, February 23). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia#

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33

Issue

Section

Artikel