Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Menggunakan OpenSID dengan Metode Prototyping

Main Article Content

Abdul Malik
M. Hasanuddin
Fahmi Kurniawan

Abstract

Sistem informasi Desa (SID) sangat dibutuhkan oleh aparatur desa untuk membantu proses pelayanan publik dalam mengelola informasi desa, layanan kependudukan serta pegelolaan anggaran Desa. OpenSID merupakan sistem informasi berbasis open source yang kembangkan khusus untuk membantu dalam pengembangan SID. Fitur-fitur yang terdapat dalam OpenSID cukup lengkap dan juga telah didesain sesuai dengan kebutuhan SID. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan sistem OpenSID dalam pengembangan SID berbasis web menggunakan metode prototyping. Sample dari penelitian ini adalah desa Rompu yang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang ada pada OpenSID sangat membatu dalam pengembangan Sistem Informasi Desa karna fitur yang terdapat di dalamnya cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan sistem di Desa Rompu. Metode pengembangan sistem dengan pendekatan prototyping dapat mempermudah komunikasi antara pengembang dan pengguna dalam hal ini aparatur Desa yang pada dasarnya belum terbiasa dengan penggunaan sistem. Dari penelitian dihasilkan sistem informasi layanan desa yang dapat mendukung tugas aparatur pemerintahan di Desa Rompu. Selain itu, sistem ini juga mempermudah penduduk Desa Rompu untuk mengakses informasi terkait layanan dan informasi desa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Malik, M. Hasanuddin, and F. Kurniawan, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Menggunakan OpenSID dengan Metode Prototyping”, djtech, vol. 4, no. 2, pp. 6-11, Dec. 2023.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 4 No 1

References

Polii, R. R., Rindengan, Y., D., Y., Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasi Web Model Government-to-Citizen, 12, Jurnal Teknik Informatika, 2017.

Jahja, R., Purwanto, B. H., dan Afandi, M., Buku Pintar Sistem Administrasi & Informasi Desa/Kelurahan, FPPD, 2014.

Pressman, R. S., Software Engineering A Practitioner’s Approach, 7nd ed., McGraw-Hill, 2010.

Ronald J., L., Introduction to Softweare Engineering, CRC Press, 2018.

Anang, Y., Takahashi, M., Watanabe, Y., A Method of Software Requirements Analysis Considering the Requirements Volatility from Risk Management Point of View, Proccedings of The 22nd Internasional Symposium on QFD, Boise, Idaho USA, 2004.

GitHub (2023) OpenSID [KodeSumber]https://github.com/OpenSID/OpenSID.