Kajian Tingkat Kebisingan di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota Sorong

Main Article Content

Slamet Widodo
Murshal Manaf
Kastono Kastono

Abstract

Sekolah adalah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Salah satu factor untuk mencapai kondisi lingkungan belajar yang baik adalah terhindar dari masalah kebisingan. Sekolah yang berada dekat dengan jalan raya akan sangat mengganggu aktivitas siswa yang berlangsung. Adapun gangguan yang sering ditemui di sekolah – sekolah adalah gangguan kebisingan yang berasal dari aktivitas lalu lintas. Oleh sebab itu, penelitian tentang Kajian Tingkat Kebisingan di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota sorong yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat KM 12,5 Kota Sorong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebisingan yang terjadi pada sekolah SMP Negeri 5 Kota Sorong dan bagaimana pengaruhnya terhadap (persepsi) konsentrasi belajar siswa di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota Sorong. Pengukuran kebisingan lingkungan dilakukan selama 2 minggu menggunakan alat Sould Level Meter pada 11 titik sampling untuk kemudian dihitung nilai Leq nya. Tingkat ketergangguan dianalisis berdasarkan kuisioner yang di bagikan kepada 100 responden sebagai sampel. Berdasarkan hasil pengukuran, hari, rentang waktu dan titik lokasi dengan tingkat kebisingan tertinggi yaitu pada hari senin pukul 17.00-17.10 di titik 1 (Halaman Depan Sekolah (1)) kebisingan di sekolah tersebut telah memenuhi standart baku mutu tingkat kebisingan yang ditetapkan oleh KepMenLH No. 48 Tahun 1996. Didapatkan data bahwa tingkat kebisingan tertinggi berada pada titik yang berada di dekat jalan dan akan semakin berkurang tingkat kebisinganya pada titik yang berada jauh dari jalan. Berdasarkan hasil analisis kuisioner, sebanyak 44% responden terganggu dengan kebisingan yang terjadi.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Widodo, M. Manaf, and K. Kastono, “Kajian Tingkat Kebisingan di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota Sorong”, djtech, vol. 2, no. 2, pp. 1-7, Nov. 2021.
Section
Dewantara Journal of Technology Volume 2 No 2

References

Anonim. 1996. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan.

Supriyatno, A. (2017). Pemetaan Kebisingan pada Kawasan Pendidikan Akibat Transportasi di Area Zoss (Zona Selamat Sekolah) di Kota Pontianak.

Rachman, I. Pristianto,H. (2018). Analisa Kebisingan Lalu Lintas Udara Di Sekitar Bandara DEO Kota Sorong. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong.

Prasetyani,A. Iswanto, B. Yulinawati, H. (2018). Kajian Tingkat Kebisingan Lingkungan pada Kawasan Pendidikan (Study of Ambient Noise Level in Education Areas

Pristianto, H. Hidayati, S.N. (2017). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu lintas Di Jalan Basuki Rahmat Kota Sorong. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong.

Jaqueline Tifany, J. Rahangmetan, S (2019). Kajian Tingkat Kebisingan Lingkungan di Kawasan Sekolah SMA Negeri 01 Jakarta.

Candra, I. triwibowo (2013). Pengaruh keebisingan lalu lintas terhadap konsentrasi belajar dan implikasinya dalam hasil belajar siswa pada lingkungan sekolah Menengah Atas Negeri 13 Bandung. Universitas Pendidikan Bandung.

Rudini. Pristianto, H. (2018). Analisa Kebisingan Akibat Aktivitas Transportasi

Yusniar, W.O. Pristianto, H. (2014). Analisa Kebisingan Lalu Lintas Kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sorong. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sorong.